Saturday, August 29, 2009

Keberhasilan 5%

Banyak diantara kita yang telah mencoba untuk merubah hidup mereka, apakah itu pola makan, pola belanja ataupun pola kerja yang masih serba tidak teratur namun setelah berusaha dan Berjanji/bertekad untuk melakukan perubahan ternyata tidak sampai seminggu janji dan tekad yang telah mulai terseret dan tenggelam akibat arus kebiasaan deras yang sudah ada dalam dirinya.


Setelah itu mulailah seseorang melanggar janji yang telah dibuatnya sehingga semakin lupalah dia pada janjinya untuk menabung, untuk berangkat kerja lebih awal
dan sebagainya. Mengapa hal ini dapat terjadi kepada seseorang padahal mungkin saja dia telah berusaha dan menunjukkan hasil yang baik di awal ataupun sampai pada seminggu. Mengapa?? Adakah sesuatu yang menarik seseorang sehingga dirinya tidak dapat terlepas dari pola hidupnya yang tidak baik(ket:pola yang merugikan) yang sangat ingin dirubahnya?

Disadari atau tidak ternyata kita sering menginginkan segala sesuatu terjadi seperti meminta sesuatu dengan tongkat ajaib, sim sa la bin jadilah ini, itu, dkk. Semua hal memerlukan proses dan proses itu tidaklah selalu cepat, Kadangkala cepat dan kadangkala lama bahkan ada yang butuh waktu yang sangat lama. Begitu juga dengan merubah pola yang tidak baik yang ada dalam diri kita. Tidak bisa berhasil hanya dalam semalam, sehari, tiga hari atau bahkan seminggu, Anda harus memberikan waktu yang lebih untuk memperoleh hasilnya.

Kata hati Anda mungkin akan membela diri Anda sekarang setelah membaca paragraf sebelumnya, Bagaimana saya dapat termotivasi terus untuk melakukan perubahan dalam diri saya sementara saya tidak mendapatkan bukti atau hasil dari jerih payah saya. Bukankah ini adalah hal yang sulit? Memang saya akui bahwa jika Anda berpikir begitu saya juga sangat setuju dengan Anda. Tapi sebenarnya ada cara untuk membuat Anda tetap termotivasi, cara ini saya sebut KEBERHASILAN 5%. Konsep cara ini adalah dengan melakukan sesuatu 5% lebih baik ataupun jikalau berubah maka Anda telah melakukan 5% perubahan dalam diri Anda hari ini.

Sebagai contoh jika Eric bertekad untuk menghentikan kebiasaan nonton tvnya yang berlebihan maka dia dapat menargetkan keberhasilan 5% pada jadwal perubahan kebiasaan buruknya. Jika ia yang biasanya menonton selama 12 jam sehari, dengan konsep keberhasilan 5% maka hari ini ia harus mengurangi jam menonton tvnya sebanyak 30 menit jadi ia hanya menonton selama 11jam 30 menit. Meskipun kelihatan sangat sedikit namun cara ini akan memiliki efek yang sangat besar jika Eric melanjutkannya hingga 2 minggu, berarti ia telah mengurangi jam nonton tvnya sebanyak 7 jam selain itu ia juga tetap dapat termotivasi dengan merasakan hasilnya. Mengejutkan bukan!!

Konsep keberhasilan 5% ini akan menghantarkan Anda pada perubahan yang Anda inginkan secara perlahan namun pasti, bandingkanlah bagaimana jika Eric langsung merubah jam nontonnya menjadi 4 atau 2 jam sehari, mungkin awalnya ia akan merasa telah berhasil namun hal ini mungkin hanya akan bertahan seminggu karena caranya ini sangat memaksakan dirinya untuk mengubah pola nontonnya, perubahan yang ia lakukan hanyalah perubahan yang bersifat teknis belaka. Kebiasaan Eric untuk menonton mungkin saja sudah bertahan selama bertahun-tahun sehingga sulit jika kita hanya mengandalkan waktu 3 atau 4 hari untuk menghapus pola kebiasaan yang telah berusia setahun atau lebih.

Cara keberhasilan 5% memberikan Anda kenyamanan berubah karena Anda tidak terlalu merasakannya seperti Anda sedang duduk membaca artikel ini tanpa merasakan bahwa tempat Anda berpijak(baca: Bumi) sedang berotasi.

sumber foto: emptysouljudiene.blogspot.com

2 comments:

  1. oke juga postnya nih,memang terkadang kita sangat sulit untuk merubah suatu kebiasan apalagi itu telah berlangsung lama.

    ReplyDelete
  2. Dengan kata lain langkah awal harus dgn niat, lalu tindakan dan selanjutnya disiplin atau rutin. Bener gak sob? :)

    Artikelnya bgs2 untuk memotivasi orang lain dlm meraih kesuksesan dalam hidupnya.
    Salam kenal and keep blogging^^

    ReplyDelete