Sunday, October 10, 2010

Cara Kerja Alam Bawah Sadar

Akhir-akhir ini di berbagai media cetak atau elektronik. Kita sering menemukan artikel yang memiliki kaitan dengan alam bawah sadar. Maraknya kasus hipnotis yang terjadi membuat istilah alam bawah sadar ini makin ngetrend. Apa sih sebenarnya alam bawah sadar? Betulkah alam bawah sadar itu ada?

Alam bawah sadar adalah sekumpulan memori yang berjalan tanpa Anda sadari. Alam bawah sadar itu bisa diandaikan sebagai pola pikir atau tindakan yang telah terprogram di otak. Istilah yang lebih umumnya adalah bahwa alam bawah sadar merupakan kebiasaan yang telah melekat pada setiap orang.
Alam bawah sadar mempunyai pengaruh langsung terhadap kehidupan dan masa depan kita. Untuk lebih memahaminya, Saya akan memberikan ilustrasi begini.

Sewaktu kecil, saat Anda mulai belajar bersepeda. Anda mungkin jatuh, lalu mencoba lagi hingga Akhirnya Anda menguasai cara bersepeda yang baik. Andaikan 10 tahun mendatang. Saya menyuruh Anda untuk mencoba mengendarai sebuah sepeda. Apakah Anda masih bisa? Tentu saja masih bisa. Mengapa demikian? Hal inilah yang disebut alam bawah sadar. Sekali Anda menguasai bagaimana cara bersepeda. Ingatan tentang cara melakukannya akan melekat pada alam bawah sadar. Ialah sistem dibalik layar yang membantu jalannya otak kita.

Mari kita coba ilustrasi yang lain. Mengapa sewaktu tidur Anda tetap dapat bernapas padahal kesadaran(pikiran sadar) Anda sedang melakukan fase istirahat. Tentunya ada sesuatu hal yang bisa menjaga agar Anda tidak lupa untuk tetap bernapas. Tugas inilah yang dilakukan oleh alam bawah sadar kita.

Lantas timbul suatu pertanyaan bagaimana cara kerja alam bawah sadar kita? Setiap orang pastinya mempunyai sebuah kebiasaan apakah itu menyanyi saat mandi, menunda waktu untuk mengerjakan tugas, atau suka melupakan suatu janji. Cara kerja alam bawah sadar bisa dijelaskan sesuai dengan bagaimana cara sebuah kebiasaan dapat terbentuk. Kebiasaan adalah suatu kegiatan/aktivitas yang Anda lakukan secara terus menerus atau berulang-ulang, sehingga menjadi pola yang melekat pada diri Anda. Mulai sekarang jika Anda sering berkata tidak jujur. Maka dalam diri Anda akan terbentuk sebuah pola/ kebiasaan berbohong yang akan melekat dan menjadi bagian dari alam bawah sadar Anda.

Kebiasaan buruk adalah sesuatu hal yang harus Anda jauhi sekarang sebab kebiasaan itu dilaksanakan oleh alam bawah sadar. Perbedaan besar Antara pikiran sadar dengan alam bawah sadar adalah terdapat dari seberapa lama memorinya dapat bertahan. Ingatan yang telah tersimpan pada alam bawah sadar biasanya dapat bertahan selama bertahun-tahun serta cendeung sulit untuk dihilangkan. Jadi kebiasaan buruk yang telah terbentuk dari kecil akan tetap dibawa oleh seseorang hingga dewasa.

No comments:

Post a Comment