Sunday, September 26, 2010

Alasan-Alasan Seorang Kakak Selalu Lebih Spesial Dari Adiknya?

Sering iri nih, lihat kakak kalian selalu diperlakukan spesial oleh orang tua atau merasa ortu Anda pilih kasih. Pingin jadi anak tertua dalam sebuah keluarga. Jika sobat-sobat memang berpikiran demikian. Tak salahnya Anda menyimak tulisan ringan ini sampai habis. Sebab informasi yang diberikan mungkin akan segera membuat Anda berubah pikiran dan membuka pikiran Anda tentang pandangan negatif Anda mengenai saudara Anda.

Sebelum banyak bercerita, Saya ingin memberitahukan kepada para pembaca bahwa dalam keluarga, Saya merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Jadi hal yang akan Anda baca adalah pandangan Anak sulung dari sudut pandang si adik.

Banyak dari kita yang tidak mengetahui apa yang sebenarnya dirasakan oleh kakak-kakak kita yang menjadi anak tertua dalam keluarga. Sebagai adik biasanya kita selalu merasa bahwa kakak kita selalu dinomor-satukan, lalu timbul anggapan bahwa orang tua lebih sayang kepada kakak kita dibanding dengan kita yang menjadi adik. Benarkah kenyataannya begitu? Untuk mengungkapnya silahkan terus membaca ulasannya.

Sewaktu kecil saya selalu melihat bahwa orang tua saya selalu memberikan kepercayaan mereka 100% kepada kakak saya yang paling sulung. Ia selalu mendapatkan apa yang dimintanya dari orang tuanya, seperti jika kakak saya ingin piknik dengan teman-temannya, orang tua saya pasti mengizinkannya. Namun jika giliran saya yang minta, pasti selalu tidak dikasih oleh orang tua saya dengan berbagai alasan-alasan. Sesudah itu jika kami bertengkar, orang tua saya sering lebih membela kakak saya ketimbang saya. Jika Anda berada diposisi saya, pasti Anda akan merasakan kekesalan yang saya rasakan.

Itulah yang menjadi penilaianku sewaktu masih belia. Namun ketika adik saya lahir. Semuanya berubah.  Posisi saya sekarang telah menjadi seorang kakak juga, meskipun hanya menjadi kakak nomor tiga. Yang namanya kakak tetaplah kakak. Kali ini saya akan merasakan apa yang dirasakan kakak sulung saya. Ternyata semua yang ada di benak saya selama ini adalah salah. Ternyata jadi seorang kakak susah, Saya saja bisa merasakannya apalagi kakak saya yang menjadi Anak sulung, pasti lebih sulit lagi. Berikut adalah merupakan beberapa hal yang patut Anda ketahui. Mungkin setelah mengetahui ini Anda dapat merenungkan kembali Apakah orang tua Anda pilih kasih atau tidak?

Berikut adalah beberapa beban-beban yang sering dialami seorang Anak sulung:
Mempunyai tanggung jawab yang terbesar dibanding saudara lainnya. Hal ini sangatlah jelas. Anak sulung mendapat kepercayaan lebih besar dari orang tua. Kepercayaan yang diberikan tentunya akan mendatangkan tanggung jawab yang juga besar. Akibatnya sering sekali orang tua bersikap lebih keras kepada seorang Anak sulung. Hal ini dimaksudkan agar sang Anak dapat memberikan contoh baik yang akan dicontoh oleh saudara-saudaranya

Sering disuruh menjadi pribadi yang perfect oleh orang tua. Ini merupakan bagian yang paling tidak disukai oleh kakak-kakak Anda. Dengan alasan untuk memberikan contoh dan teladan baik bagi adik-adiknya sering seorang kakak menjadi tidak dapat menjadi dirinya sendiri. Selalu dituntut untuk sempurna tentunya suatu beban yang berat bukan?. Misalnya disekolah prestasi kakak Anda selalu dituntut bagus, dalam hal bersikap dan pergaulan seorang kakak tentunya harus memiliki bagian yang terbaik alias yang membanggakan.

Harus lebih dewasa dalam berpikir. Anda tentunya dapat merasakan bahwa kakak Anda lebih dewasa bukan? Baik dalam hal berbicara, bersikap atau pola pikirnya. Seorang kakak selalu harus berpikir lebih dewasa misalnya dulunya jika Anda ribut dengan kakak Anda karena merebut remote tv. Pastinya orang tua sering menyuruh kakak Anda untuk mengalah kepada Anda yang sebagai Adik. Lalu orang tua Anda pasti menasehati kakak Anda bahwa dia adalah seorang kakak jadi harus bisa bersikap dewasa dengan mengalah kepada adik.

Bisa membantu dan melindungi adiknya. Anda pernah melihat seorang adik yang sedang dijahili oleh teman-temannya lalu muncul sang kakak sebagai seorang super hero yang datang membela adiknya. Itu juga termaksud kewajiban seorang kakak. Bila Anda seorang adik, tentunya Anda pernah meminta kakak Anda membantu Anda mengerjakan PR. :D.. Jika kakak Anda menolak, pasti Anda akan mengadu pada mama atau papa. Akhirnya sudah pasti, kakak Anda dimarahi. Sungguh repot bukan menjadi kakak sulung!

Jadi mulai sekarang, Jika Anda memiliki seorang kakak, Anda harus mulai belajar menghargai serta menghormati pengorbanan dan usaha yang telah dilakukan kakak Anda untuk menjadi seorang kakak yang baik bagi adik-adiknya. Andai saja, kakak Anda pernah melakukan kesalahan kepada Anda, maafkanlah segera. Kakak Anda tetaplah seorang manusia biasa yang tidak lepas dari kesalahan. Ingatlah juga bahwa dia telah banyak menanggung beban untuk membahagiakan kedua orang tua Anda.

Salam Harmonis Sobat :D

No comments:

Post a Comment