Saturday, September 25, 2010

Kenapa Anda Harus Saling Membantu?

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. Oleh sebab itu, tidaklah mungkin seseorang dapat hidup di dunia ini tanpa bantuan orang lain. Coba saja Anda bayangkan, Jika Anda berminat untuk mencoba hidup sebagai pribadi yang mandiri tanpa bantuan siapapun. Untuk melaksanakannya Anda harus rela melakukan semuanya sendirian.

Kita mulai dari kebutuhan yang paling pokok yaitu makan. Mulai saat ini Anda harus belajar menanam padi, sayur dan buah-buahan Anda sendiri. Suatu hari
jika Anda sakit, maka Anda harus menjadi dokter Anda sendiri. Jika Anda punya kemampuan dalam hal pengobatan mungkin masalah sakit tidak akan menjadi problem. Namun bagaimana jika suatu hari Anda ingin pakaian baru atau rumah baru. Belum tentu Anda jago di bidang jahit-menjahit ataupun bagun-membangun. Sungguh langka menemukan orang yang menguasai semua bidang sekaligus. Sungguh mustahil menemukan orang seperti itu, bukan?

Pernah dengar istilah No One's Perfect. Yah, tidak ada pribadi yang sempurna di dunia ini. Setiap manusia selalu mempunyai kelemahan. Mengapa manusia selalu mempunyai kelemahan. Tentu Tuhan memiliki alasan mengapa menciptakan setiap pribadi dengan kelemahannya masing-masing. Hal itu tak lain dan tak bukan adalah faktor bahwasannya Tuhan menghendaki setiap manusia dapat saling membantu. Dengan begitu mereka bisa saling melengkapi. Bila seorang pedagang sakit maka ia akan berobat ke dokter. Sebaliknya jika seorang dokter berniat memenuhi kebutuhan sandang atau pangannya ia akan mencari pedagang.

Mulai saat ini Anda harus mulai belajar untuk saling membantu setelah mengetahui fakta bahwa Anda tak bisa hidup sendirian di planet ini. Bantuan Anda kepada tetangga akan memberikan kemudahan bagi Anda di saat tiba-tiba pintu utama rumah Anda macet. Anda dapat mengetuk pintu tetangga Anda dan memperoleh bantuan yang sangat diperlukan di saat tersebut.

Membantu selalu mempunyai umpan balik yang baik untuk Anda. "Anda tak bisa menyemprot parfum kepada teman Anda tanpa terkena semprotannya". begitulah kutipan yang selalu diucapkan para bijaksana sejak dulu. Jadi selalu ada keuntungan bagi Anda jika Anda bersedia membantu. Tahukah Anda mengapa orang yang selalu bersedia berbagi ilmunya selalu bertambah pintar. Inilah salah satu rahasia dari kekuatan membantu. Semakin Anda berbagi ilmu Anda, maka Anda akan semakin mengetahui apa yang belum Anda pahami; sehingga Anda bisa mempelajarinya.

No comments:

Post a Comment