Thursday, September 16, 2010

Mengapa Anda Tak Boleh Marah???

Anda pernah kesal akan suatu hal sehingga dalam hati, Anda terus ngomel-ngomel tak karuan. Siapapun Anda tentunya Anda pernah marah, bukan? Ngomong-ngomong soal marah, saya jadi teringat sebuah kalimat yang sering diucapkan sahabatku dulu. " Pak sabar saja bisa marah ". Kalimat ini adalah kalimat sindiran bahwa setiap orang pastinya dapat marah jika kesabarannya sudah habis.

Emosi yang naik dan menyebabkan Anda marah sebenarnya adalah reaksi normal alias Ok-ok saja. Namanya juga sebagai manusia biasa. Namun akibat dari kemarahan itulah yang tidak baik bagi kondisi kesehatan ataupun pergaulan Anda. Marah adalah reaksi negatif yang dapat berakibat putusnya urat syaraf otak. Jadi setiap kali Anda marah sebenarnya Anda sedang memutuskan syaraf-syaraf otak Anda sendiri. Terbayang bukan bahayanya jika setiap menit Anda marah melulu.

Selain faktor kesehatan tubuh, marah juga mengakibatkan efek buruk terhadap kesehatan jiwa Anda. Cobalah Anda ingat terakhir kali Anda marah. Apakah yang Anda rasakan setelah marah? Apakah suasana hati Anda tiba-tiba menjadi buruk? atau Anda jadi tidak mood? Yang pasti pada umumnya mereka yang sudah marah, akhirnya akan merusak suasana hatinya atau moodnya. Sungguh rugi bukan kalau Anda marah?

Akibat terakhir yang disebabkan oleh rasa marah ini mungkin jarang Anda sadari. Untuk menunjukkannya, Cobalah untuk kesempatan berikutnya sebelum Anda ingin marah kepada siapapun itu. Siapkan terlebih dahulu sebuah cermin berukuran sedang yang dapat memantulkan wajah cantik/ganteng Anda secara sempurna.

Wah.. wah.. sekarang mungkin Anda akan bertanya-tanya buat apa cermin itu?? Untuk menjawabnya, yang perlu Anda lakukan adalah bercermin ketika Anda sedang marah, misalnya akibat adik Anda menghabiskan es krim kesukaan Anda yang telah Anda simpan berhari-hari karena sayang memakannya. Lihatlah raut wajah Anda saat marah. Anda akan menemukan ekspresi paling buruk dari wajah Anda. Semakin marah maka semakin jelek muka Anda.

Benar-benar rugi bukan kalau Anda marah? Bayangkan jika orang yang Anda taksir tiba-tiba bertemu dan melihat Anda marah. Ekspresi apakah yang barusan dilihatnya dari Anda. Tentunya ekspresi muka paling jelek dari diri Anda. "OMG, Apa yang baru dilihatnya!!" mungkin teriak seperti ini dalam pikiran Anda. Seharusnya si dia kan melihat wajah Anda yang lagi tersenyum berseri-seri. :) So Anda tidak boleh marah lagi y sobat.

No comments:

Post a Comment