Saturday, September 11, 2010

Google Doodle, Logo Google yang Berubah-ubah

Pernah lihat logo-logo unik di halaman situs Google. Pada hari-hari tertentu, tiba-tiba Anda mendapatkan logo google yang biasa berubah menjadi logo-logo yang sangat artistik dengan bermacam-macam tema. Logo-logo Google itulah yang disebut dengan Doodle. Corat-coret di situs Google ini telah ada selama bertahun-tahun dan membuat pencarian di Google menjadi lebih menyenangkan bagi para penggunanya di seluruh dunia.
Doodle
Doodle sebenarnya dikenal sebagai perubahan dekoratif yang dibuat untuk logo Google untuk merayakan hari libur, hari peringatan, serta perjalanan hidup seniman terkenal dan ilmuwan. Seperti peristiwa awal musim semi, ulang tahun Albert Einstein, ataupun ulang tahun Indonesia saat 17 agustus. Bahkan yang terkini Google juga membuat doodle untuk penghormatan terhadap seorang filsuf  Cina Konfusius, yang lahir pada tanggal 28 September, 551 SM. Tak ketinggalan doodle tentang doraemon juga sudah dibuatkan.

Bagaimanakah kita dapat mengetahui peristiwa yang dimaksudkan oleh doodle? Dengan hanya mengarahkan pointer mouse Anda pada logo yang ada. Anda dapat mengetahui makna dari setiap doodle yang dikreasikan google.

Doodle telah ada sejak tahun 1999, konsep doodle berawal dari keusilan pendiri Google, Larry dan Sergey bermain dengan logo perusahaan untuk menunjukkan kehadiran mereka di festival Burning Man di gurun Nevada. Kini doodle telah menjadi corat-coret yang meramaikan situs Google dan membawa segudang senyum untuk jutaan pengguna Google di seluruh dunia.

Sejauh ini tim doodle Google telah menciptakan lebih dari 300 doodle untuk Google.com di Amerika Serikat dan lebih dari 700 telah dirancang secara internasional. Perancang-perancangnya adalah para desainer berbakat yang dikenal dengan doodler google.

Apakah Anda ingin me-request suatu peristiwa yang penting turut dibuatkan bentuk doodlenya oleh Google? Jika iya, Anda dapat mengirimkan permintaan Anda dengan mengirimkannya ke proposals@google.com. Jika permintaan Anda dianggap layak dan unik, maka Anda akan menemukan gagasan Anda terlihat pada halaman situs Google. :D

Berikut adalah beberapa koleksi Doodle unik dari Google :

Hari Kemerdekaan Indonesia 17-08-10




Hari Valentine Cina (China, Honkong dan Taiwan) 16-07-10



Final World Cup 11-07-10


Hari Bumi 22-04-10

Malam Tahun Baru Imlek 13-02-10

Hari Guru (di Korea) 15-03-10

Hari lahir confusius 28-09-09


Doraemon (japan) 03-09-09

Untuk melihat koleksi doodle yang lain, silahkan kunjungi www.google.com/logos.

No comments:

Post a Comment