Sunday, April 3, 2011

Cara Mudah Mendownload Game Untuk Hp Android Melalui Android Market

Belakangan ini, pasar gadget sedang rame-ramenya dengan hadirnya OS yang benar-benar menawarkan hal baru bagi para pemakainya. Yah OS itu adalah Android. Android merupakan sistem operasi untuk smartphone yang dikembangkan oleh Google. Mesin pencari yang paling populer di dunia. Dengan background pengembangnya, tentunya OS Android bukanlah OS yang sekedar numpang lewat atau sekedar meramaikan pasar gadget di dunia. Meskipun OS ini terbilang masih muda. Namun fitur-fitur yang ditawarkannya tidaklah kalah dengan OS Blackberry atau IOS untuk Iphone.

Android Phone
Hal ini disebabkan Android didukung oleh banyak pengembang karena yang bersifat open source. Keuntungannya adalah Anda dapat menemukan banyak sekali aplikasi ataupun game-games untuk Hp Android Anda. Pada kesempatan kali ini saya akan membagi cara untuk mendownload Game untuk Hp yang telah memakai OS Android langsung dari smartphone Anda. Bagaimana caranya?

OS Android telah menyediakan sebuah fitur untuk langsung menghubungkan Anda dengan Android Market. Apa itu Android Market? Android Market sebenarnya adalah sebuah website yang menyediakan berbagai aneka aplikasi mulai dari sekedar wallpaper sampai game-game canggih yang sangat mengiurkan untuk dimainkan. Bedanya situs ini adalah situs resmi yang dibuat oleh pengelolah OS Android yang bertujuan untuk memanjakan para pemakai smartphone Android sekaligus sebagai tempat bagi para developer untuk memajang aplikasi buatannya. Jika Anda merupakan pemakai smartphone blackberry maka Anda akan menemukan fitur yang sejenis yang diberi nama App World, lalu jika Anda adalah pengguna gadget Nokia maka fitur ini dikenal dengan OVI Store sedangkan untuk Iphone, lebih dikenal dengan nama App Store.

Namun terdapat sedikit perbedaan untuk Android Market dibanding dengan store-store yang lain seperti yang dimiliki nokia maupun Iphone. Android Market berisi begitu banyak aplikasi-aplikasi. Tidak hanya lengkap namun disana terdapat beribu-ribu aplikasi dan game yang bersifat Free alias Gratis. Bandingkan saja dengan fitur sejenis yang dimiliki oleh Iphone yaitu App Store. Dalam segi kelengkapan mungkin App Store memang sangatlah memuaskan namun Anda akan sangat sulit menemukan aplikasi yang bersifat gratis, karena kebanyakkan aplikasi yang terpajang di App Store selalu memiliki tanda Dollar disampingnya. Pastinya kurang mengasyikkan jika untuk melengkapi aplikasi untuk gadget kita. Kita masih harus mengeluarkan kocek untuk membelinya. kalau satu atau dua aplikasi sih tidak masalah tapi kebayang jika hampir semua aplikasinya harus pakai dolar. Gak seru kali!

Di Android terdapat begitu banyak aplikasi yang bersifat free. Saya sudah mencoba memasangnya di smartphone Android yang baru saya beli. Smartphone saya adalah Samsung Galaxy Mini, yang sudah memakai OS Android versi 2.2 "Froyo". Sekedar Informasi, OS Android terus berkembang dengan versi-versi yang diberi nama yang berbeda-beda. Kini yang saya ketahui OS Android yang terbaru telah hadir yaitu versi 3.0 yang diberi nama "Ginger Bread". Ternyata kualitas aplikasi dan game-gamenya tidak mengecewakan. Banyak Aplikasi dan gamenya yang sebenarnya tak layak untuk menyandang status aplikasi gratis sebab kalau dibuat berbayar pun saya kira pasti banyak pemakai yang rela untuk mengeluarkan kocek untuk membelinya.

Jadi kalau Anda ingin memcoba mendownload game atau aplikasi langsung dari smartphone Android Anda. Maka Anda harus memastikan operator yang Anda pakai mensupport paket data untuk Android sebab kalau tidak pulsa Anda bisa membengkak karena jika Anda mengaktifkan layanan paket data maka Handphone Anda. Anda akan langsung mendapatkan layanan full internet, seperti Push E-mail untuk Gmail, lalu Anda dapat nge-chat lewat Googgle Talk atau ngetweet lewat aplikasi twitter yang bisa Anda download dari Android market. Sekali lagi biayanya gratis, cuman Anda hanya akan dikenakan biaya gprs-nya saja.Yang saya ketahui operator 3 mendukung paket data android dengan harga yang sangat terjangkau yakni, 50 ribu/bulan.

Langsung saja akan saya terangkan cara untuk mendownload aplikasi dari Android Market:

1.  Aktifkan layanan paket data Anda. Biasanya ada dibagian pengaturan
2. Klik menu Android market pada handphone Anda. Jika tidak Ada, tak usah khawatir Anda dapat mengakses dengan cara memasukkan alamat berikut https://market.android.com. pada browser hp Anda.
3. Namun sebelumnya Ada sebuah langkah penting yang tidak boleh dilewatkan yakni, membuat google account. Untuk itu pastikan bahwa Anda telah memiliki account Gmail. Jika belum Anda dapat membuatnya terlebih dahulu. Masukkan alamat berikut pada browser Anda www.Gmail.com. Anda dapat membuat account ini lewat handphone ataupun komputer. Setelah Anda selesai membuat account gmail. Anda harus mengingat account gmail Anda seperti contoh H3ndysu@gmail.com. Lalu jangan lupa untuk menghafal passwordnya, sebab kita akan sangat membutuhkannya sewaktu menginstall game dari Android Market. Baiklah mari menuju ke tahap berikutnya.
4. Jika Anda mengakses dari menu Android market yang ada pada handphone Anda maka sewaktu mengklik menu tersebut, secara langsung aplikasi itu akan menyuruh Anda untuk memasukkan account gmail dan password Anda. Namun jika Anda mengakses dari browser hp maka Anda akan disuruh untuk sign in dengan account gmail sewaktu akan menginstall aplikasinya.
3. Setelah mengklik menu Android Market dari hp atau mengaksesnya lewat browser  https://market.android.com, Anda akan sampai pada sebuah halaman berikut.


4. Sekarang Anda tinggal memilih game yang ingin Anda download. Sebagai contoh saya akan membimbing Anda mendownload game Angry Birds. Game ini adalah game yang paling laris pada gadget Iphone. Anda
juga dapat menikmati game ini pada smartphone Android Anda. Tak usah ragu, game ini bersifat Gratis kok!

5. Klik saja kotak Install  yang tersedia dibawah gambar Angry Birds. Bagi Yang memakai menu Android market yang langsung tersedia pada smartphone Anda, Anda tinggal mengikuti petunjuk penginstallan seperti mengkonfirmasi apakah Anda yakin untuk menginstall aplikasi ini atau tidak.


Tetapi bagi Anda yang mengakses lewat browser maka Anda akan menjumpai sebuah halaman yang menyuruh Anda untuk sign in pada google Account. Isikan saja account gmail Anda dan passwordnya. Setelah berhasil Sign in, maka Anda  tinggal mengikuti petunjuk penginstallan seperti biasanya.Akhirnya smartphone Anda telah berisi game Angry Birds. Anda tinggal mencari gamenya pada smartphone Anda. Biasanya ada lansung pada bagian menu-menunya. Selamat mencoba sobat, jika ada pertanyaan tinggal kasih comment aja ya sobat!

3 comments:

  1. kalau kita sudah ganti acc google bagaimana?

    ReplyDelete
  2. yah, sign in-nya dengan menggunakan account google Anda yang baru, silahkan dicoba ya sobat

    ReplyDelete
  3. kl dari pc caranya beda ga?
    android dihub ke pc pk kabel data.
    trus lgsg buka android market, sign in gmail.
    trus kok dibilang
    "There are no Android phones associated with this account. Please sign in with a different account."
    cara daftar android sy gmn?
    makasihh bantuannya gan

    ReplyDelete