Sunday, July 25, 2010

Jadilah Dirimu Sendiri

Dunia ini penuh dengan  berbagai karakter manusia. Ada yang membuat kita senang melihatnya, sehingga muncul perasaan ngefans sama pribadi tersebut namun ada pula yang membuat kita bete melihatnya. Akhirnya jadi timbul rasa kurang enak atau illfeel sama dianya.

Apapun karakter yang pernah Anda temui Anda tak boleh menjudge mereka sebagai pribadi yang tidak buruk. Menjadi apa dirinya adalah haknya. Itu adalah sebuah bentuk hak asasi semua manusia yang berdiri di atas bumi yang sama. Oleh sebab itu jika Anda merasa kurang senang terhadap pribadi tersebut, maka cukup Anda katakan dalam hati, aku tidak ingin menjadi pribadi seperti itu.

Kalau suatu ketika Anda bertemu dengan seseorang yang mempunyai pribadi
yang sangat menyenangkan dan membuat Anda nyaman berada di dekatnya, maka bersyukurlah Anda telah bertemu seseorang yang tepat untuk Anda jadikan sebagai sahabat. Kecocokkan adalah awal dari sebuah hal yang nantinya akan melahirkan persahabatan yang hangat. Tetapi yang ingin saya bagikan kepada pembaca budiman sekalian adalah sesuatu yang namanya MENJADI DIRI SENDIRI.

Banyak dari Saya, mereka dan mungkin juga Anda yang secara sengaja atau tidak sengaja, sering mengubah kepribadian Anda seperti seseorang yang menurut Anda layak untuk ditiru. Ini seperti mengcopi kepribadian orang-orang terkenal seperti artis atau orang-orang yang disanjung dan dihormati oleh khalayak ramai. Kebanyakan orang melakukannya untuk bisa menjadi seperti orang yang mereka tiru, apakah itu menjadi sesukses orang tersebut atau menjadi idola seperti wanita/pria yang ditirunya.

Sebenarnya setiap pribadi di bumi ini memiliki hal yang membuat dirinya unik dan berbeda dari lainnya. Kita adalah makhluk-makhluk yang unik. Anda tidak akan mungkin menemukan dua orang yang sama persis di dunia ini. Dua saudara kembar yang memiliki kesamaan fisik yang hampir 90% tetap memiliki sesuatu yang membedakan mereka berdua. Yah, pembeda mereka adalah sifat dan kepribadian mereka. Meskipun kembar namun saudara yang satu dengan yang saudara yang lain pasti memiliki sifat yang berbeda.

Menjadi diri sendiri adalah suatu penghargaan terhadap keunikkan diri kita serta menyatakan bahwa kita mencintai diri kita apa adanya. Setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Meskipun Anda tidak se-cool idola tersebut namun Anda tetap memiliki sesuatu hal yang tidak dimiliki idola Anda. Jadi mengapa Anda harus merubah diri Anda seperti dia. Anda hanya belum menemukan bakat dan potensi diri Anda yang sebenarnya. Hidup ini adalah sebuah pencarian jati diri yang terus menerus.

Mari renungkan contoh kasus berikut:

Jika ada seorang artis yang menjadi idola masyarakat karena gayanya yang sangat cool dalam berpakaian sehingga semua orang mengikuti gayanya berbusana. Jika semua orang di kota Anda mengikuti gaya berpakaiannya, Anda tentunya akan bosan jalan-jalan ke kota karena harus melihat sesuatu yang sama saja, sebab orang yang Anda temui semua memiliki gaya berbusana yang sama, hal ini tentu mematikan kemajemukkan yang sebenarnya membuat dunia ini berwarna. Pelangi yang telihat di langit kelihatan indah karena susunan warna-warnanya yang beraneka ragam. Kita menjadi insan yang unik karena kita berbeda dengan lainnya.

So Just Be Yourself !!!

No comments:

Post a Comment