Saturday, August 18, 2012

Nonton Bola Yukk...

Malam ini, saya akan dapat menonton tayangan favorit saya kembali. Hehe... :) Tayangan yang wajib menemani akhir pekan saya tentunya adalah pertandingan sepakbola. Biasalah namanya juga cowok, pasti doyannya yah nonton bola. Kalau ngomong-ngomong soal bola sih selalu menarik dan tak ada abisnya. Jadi kali ini saya hanya menyoroti segera bergulirnya musim kompetisi sepakbola di ranah britania, alias Barclays Premier League atau biasa disingkat BPL.


Kalau soal sepakbola inggris sih, jagoan saya pastinya Manchester United, :) Haha.. GGMU.. !!! Klub ini adalah klub yang buat gue jadi doyan nonton bola. Ibarat kata, klub inilah yang membuat saya jatuh cinta sama olahraga yang satu ini. Dulunya sih saya jarang banget nonton pertandingan bola. Tapi sekarang saya pasti tidak akan ketinggalan semua pertandingan bola dan update news-nya apalagi kalau klub kesayangan saya ini yang bakal tanding. Bergadang pun saya rela-relain demi ngeliat pemain-pemain MU berlaga.

Menurut pendapat subjektif saya, sepakbola inggris lebih enak ditonton dibandingkan liga kompetisi lainnya, hal ini dikarenakan pergerakan pemainnya yang sangat dinamis (cepat).
Lari kesana, lari kesini untuk mengejar bola. Umpan-umpan yang diberikan pun sering langsung dari tengah lapangan ke kotak penalti. Jadi nontonnya sering deg-degan menunggu Gol tercipta. Yah.. selalu ada pro dan kontra dengan hal ini, ada yang menggangap bahwa sepakbola inggris kurang indah alias skill pemainnya tidak begitu mentereng dibandingkan liga di negeri matador (Spanyol). Namun setiap orang boleh punya cara pandang yang berbeda-beda dalam mengartikannya. Saya pribadi, lebih suka melihat pertandingan dari segi efektivitasnya, yang penting adalah hasil yang dicapai. Banyak pencinta sepakbola yang menyukai tipikal pertandingan yang indah dengan gaya menyerang yang bertumpu pada penguasaan bola. Bagiku sih, mau pake gaya bermain bagaimanapun, tetaplah hasil adalah fokus utamanya. 

Saya paling ingat saat menonton pertandingan semifinal liga champion yang baru saja usai antara Klub Barcelona (Spanyol) melawan Klub Chelsea (Inggris). Banyak yang mengkritik gaya permainan Chelsea yang dinilai sangat negatif  atau bertahan pasif. Tapi hasilnya tentu layak dibanggakan, sebab Chelsea berhasil menyingkirkan Barcelona dengan gaya bermain tersebut, meskipun Barcelona adalah salah satu klub paling produktif dan juga merupakan klub yang memiliki segudang bintang mentereng, belum lagi gaya permainan indah mereka yang sering dipanggil Tiki-Taka. Sungguh bola itu bundar, karena hal inilah pertandingan sepakbola jadi sangat menarik untuk ditonton, jadi tidak ada hal pasti bahwa klub yang punya bintang selalu bisa jadi jawara, terkadang kolektivitas permainan dan strategi permainanlah yang berdampak dalam hasil akhir sebuah pertandingan.

Balik lagi ke topik awal kita, yaitu liga inggris yang akan bergulir dalam hitungan beberapa jam ke depan. Berdasarkan pendapat saya sih, Musim kompetisi 2012/2013 ini akan menjadi musim kompetisi yang paling keras dan dahsyat serta paling menarik untuk ditonton, musim ini begitu banyak tim yang telah berbenah untuk menatap berjalannya kompetisi ini. Terhitung ada 6 tim yang mampu bersaing untuk menjadi jawara liga inggris kali ini. Dimulai dari juara bertahan Manchester City, klub anyar gue Manchester United, Juara UCL musim lalu Chelsea, Klub penuh talenta muda berbakat Arsenal, The reds Liverpool dan yang terakhir adalah Tottenham Hotspur yang begitu eksplosif. Dengan berimbangnya peta kekuatan, jelas hal ini membuat BPL sangat layak untuk ditonton. Saya tak heran juga kalau BPL dinobatkan sebagai kasta liga terbaik di eropa atau dunia sekalipun. Tensi pertandingan yang keras antar tim papan atas sangat membuat Anda penasaran siapakah yang bakal jadi jawara di akhir musim.

Doa saya sih semoga MU yang jadi number ONE saat kompetisi berakhir. Haha... maaf buat yang bukan supporter MU. Namanya juga fanatisme seorang fans. Jadi pasti support dan doanya untuk klub favoritnya. Jadi mohon dimaklumi ya. Kalaupun MU gak juara, saya tetap terima dengan lapang dada, yang penting klub sudah memberikan yang terbaik. Bukan begitu pembaca sekalian? Untuk selanjutnya mari kita saksikan sama-sama serunya liga inggris musim ini. Di kesempatan yang lain, saya akan sempatkan untuk membahas mengenai alasan dibalik kesuksesan MU sebagai klub paling populer di seantero dunia. Tak lupa saya ucapkan selamat idul fitri bagi para pembaca yang merayakan, mohon maaf lahir dan batin. Akhir kata have a nice weekend all. :)

No comments:

Post a Comment