Tuesday, June 27, 2017

Hukum 21/90

Belakangan ini saya terus berpikir bahwa hidup saya sangat-sangat amburadul atau yang bisa disebut kacau balau. Saya adalah tipe manusia perfeksionis namun yah.. nama nya juga manusia, kan tidak ada yang sempurna. Ada sisi buruk yang sangat susah saya kendalikan yaitu sesuatu yang bersangkutan dengan kedisiplinan. Saya adalah pribadi yang susah berkawan dengan yang namanya DISIPLIN. Ini benar-benar momok yang sangat menakutkan bagi saya. Disamping saya ingin segala nya berjalan sempurna, namun dibutuhkan kekuatan bathin dan tekat yang kuat untuk mendisiplinkan diri. 

Jadi balik ke topik permasalahannya, baru-baru ini saya iseng-iseng melihat kutipan-kutipan di aplikasi pinterest saya. dan nemu deh kutipan tentang hukum 21/90. Eitss.. pasti asing kan sama hukum yang satu ini. Maksud 21/90 nya adalah seperti ini.

"It takes 21 days to create a habit" 

"It takes 90 days to create a lifestyle"

Kira-kira pengertiannya "Dibutuhkan 21 hari untuk menciptakan sebuah kebiasaan" dan "Dibutuhkan 90 hari untuk menciptakan sebuah gaya hidup". Simple, tapi cukup menarik perhatian saya. Apa betul begitu gampang nya menciptakan sebuah kebiasaan. Jadi muncullah ide dalam diri saya mengapa tidak kita coba saja. Sekalian untuk menguji kebenarannya.

Mungkin bagi sebagian orang ini bukanlah hal yang menarik atau layak dicoba. Namun bagi saya kebiasaan adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjalani hidup kita. Kesuksesan, kesehatan dan kebahagiaan dalam hidup kita bergantung pada kebiasaan hidup kita. Saya pernah mencaba pada salah satu buku. Dikatakan bahwa kesuksesan kita bergantung pada rutinitas kita sehari-hari, bukan pada apa yang kadang-kadang Anda kerjakan. Jadi pastilah mereka yang sukses luar biasa seperti Jack Ma, Jeff Bezos ataupun Mark zuckerberg punya rutinitas sehari-hari yang berbeda dengan yang lainnya. Rutinitas inilah yang berakhir menjadi sebuah kebiasaan, yang tumbuh terus hingga menjadi sebuah gaya hidup.

Yah, menurut saya habit/kebiasaan punya andil yang sangat besar dalam menjadikan kita sukses atau tidak. Jadi jika kita dapat membuat kebiasaan yang baik, produktif dan bermanfaat untuk menunjang karir kita. Bukan tidak mungkin kita akan dapat mencapai pintu kesuksesan dengan lebih mudah dan cepat. 

Hari ini saya berjanji kepada diri saya untuk mencoba mendisiplinkan diri saya guna menciptakan banyak-banyak kebiasaan baru yang berguna untuk kesuksesan hidup saya. Untuk sementara akan saya rahasiakan dulu kebiasaan apa yang akan saya ciptakan. Perkembangan dan hasilnya akan saya beritahukan pada postingan saya yang terbaru. Semoga saya dapat melalui 21 hari yang akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup saya. Life is a choice. I choose to be worth. 

No comments:

Post a Comment