Thursday, January 28, 2010

Berwirausaha, Kenapa tidak?

Anda mungkin telah sering bertemu dengan orang-orang yang telah sukses berwirausaha. Sering malah ini membuat Anda iri, mengapa orang yang hanya membuka toko sepatu, toko baju, ataupun toko elektronik bisa lebih kaya dari pada Anda yang bekerja di perusahaan yang ruang kantornya ber-AC, dengan pegawai-pegawainya berpakaian lengkap kemeja, dasi dan celana panjang seperti layaknya seorang eksekutif. Anda tidak usah bingung, karena inilah realita yang sedang terjadi di dunia usaha.

Banyak dari masyarakat kita yang masih menggap remeh mereka yang berwirausaha. Inilah kesalahan besar yang tidak boleh terjadi pada diri Anda. Anda perlu tahu bahwa berwirausaha bisa membuat Anda lebih sejahtera,
lebih kaya dan lebih sukses dibandingkan bekerja di perusahaan.

Ayah teman saya telah memiliki karir menjanjikan dengan berwirausaha. Ia menjalankan usaha di bidang makanan ringan kacang. Sebab suatu alasan, Saya tidak dapat memberitahu nama produk makanan ringannya. Jadi mari kita sebut saja produk K. Awalnya ia hanya seorang penjual daging di pasar  namun karena bisnis itu sangat lesu pada saat itu maka ia pun berganti bidang ke makanan ringan dengan industri rumah tangga. Awalnya ia hanya menawarkan kepada toko-toko disekitar rumahnya untuk membeli produknya. Dari 10 toko yang dia tawari hanya 1 toko yang bersedia mencoba produk K-nya, kadang malah tidak ada sama sekali. Dengan modal pantang menyerah ia terus mencoba memperkenalkan produknya.

Akhirnya sungguh manis, usaha yang awalnya bermodal kecil ini malah telah membuat mereka sukses. Buktinya hidup temanku begitu enak sekarang, karena terakhir kali saya dengar darinya bahwa ayahnya telah membeli dua rumah baru di dekat kawasan pantai indah kapuk, dan setahu saya sekarang usaha ayahnya telah berhasil memasarkan produknya ke seluruh daerah di Indonesia.

Melalui kisah ini kita melihat bahwa wirausaha bisa membuat kita lebih sejahtera dan sukses. Jadi jangan katakan bahwa berwirausaha tidak bisa sukses. Saya pernah mendapat nasehat ketika mengikuti seminar dari James Gwee, motivator asal singapura “ Mintalah pendapat dari orang-orang yang telah sukses menjalankan bidang yang ingin Anda jalani “, kebanyakan dari kita malah bertanya kepada orang tua kita atau teman dekat kita yang tidak mengerti usaha yang ingin kita jalankan. Alhasil saran yang mereka berikan adalah “Jangan mencoba menjalankan bisnis itu, nanti malah rugi besar” atau pun mereka akan memberikan pendapat yang membuat Anda menganggap bahwa usaha yang baru akan Anda mulai seperti sudah tidak ada prospek lagi. Bukankah Anda sering mengalami hal ini para pembaca yang budiman? Oleh sebab itu, mulai sekarang jika Anda ingin berkonsultasi tentang ide-ide bisnis Anda, ingatlah untuk mencari orang yang tepat (orang yang telah mengenal jelas bidang yang akan Anda geluti atau telah mempunyai pengalaman berkecimpung dalam bisnis  tersebut).

Dalam Berwirausaha Anda butuh mengetahui 3 prinsip ini, yaitu:

1. Kreativitas


Kemampuan untuk melihat pasar dan peluang yang diberikan sehingga kita bisa menentukan jenis produk yang ingin diwirausahakan. Anda selalu membutuhkan terobosan dan hal-hal baru untuk bisa sukses dalam berwirausaha. Seperti contoh kesuksessan usaha kopi starbucks, sekilas memang mereka hanya menjual secangkir kopi yang sering menurut orang harga secangkir kopi starbucks terlalu mahal. Namun mengapa malah pelanggan starbucks rela membayar $3 ( 3 dolar ) hanya untuk secangkir kopi yang mungkin Anda pun bisa membuatnya sendiri. Letak perbedaannya terletak pada hal yang baru yang diberikan oleh starbucks adalah kenyamanan minum kopi dan keramahan yang mereka tawarkan dalam toko kopi mereka. Anda bisa menentukan apakah kopi Anda mau susu yang kental atau dengan tambahan moca atau lainnya. Anda memiliki kebebasan meracik kopi Anda sendiri dengan memberitahu staf starbucks untuk menyajikan kopi sesuai racikan Anda.  Bahkan sering para staf starbucks dengan ramah membantu para pelanggan dengan menjadi pendegar yang baik. Mendengar semua curhat dari para pelanggan. Mulai dari masalah anaknya yang bertengkar di sekolah, suaminya yang lupa hari pernikahan mereka atau masalahnya dengan rekan kerja kantornya. Hal ini hanya ada di starbucks, sebuah bisnis kopi yang benar-benar kreatif.

2. Kerja keras


Tidak ada wirausaha yang bisa sukses jika tanpa kerja keras. Seperti contoh teman ayah saya,  Ia meraih sukses  dengan awal yang penuh perjuangan untuk memasarkan produk K nya. Hal ini juga sama seperti kisah Kolonel Sanders menjajahkan ayam goreng kreasinya. Dengan semangat tidak menyerah Kolonel  Sanders menawarkan resep ayam gorengnya.  Anda tidak akan dapat menikmati Kentcuky Fried chicken (KFC) di mall-mall jika pada saat itu colonel Sanders memutuskan untuk menyerah menawarkan resep ayam gorengnya, yang kini sangat terkenal dengan KFC. Kini Kolonel Sanders pun sangat terkenal karena setiap Anda melewati KFC maka Anda akan melihat gambar Kolonel Sanders, yang merupakan icon KFC. Kerja keras adalah hal paling penting yang tidak boleh Anda lupakan dalam berwirausaha, OK sobat?

3. Kesabaran

Hal paling penting yang sering membuat seseorang menunda kesuksessannya dalam berwirausaha adalah karena ia tidak memiliki hal ini, Kesabaran merupakan bagian penting dalam berwirausaha. Sering kreativitas dan kerja keras Anda membutuhkan waktu untuk berbuah, tidak mungkin Anda menanam melon hari ini dan mengharapkan besok Anda telah dapat memanen melon Anda. Anda butuh menunggu sambil merawat melon Anda sampai waktu panen datang. Hal ini juga berlaku jika Anda terjun Berwirausaha.

Percayalah bahwa tidak ada usaha yang sia-sia. Dengan modal Kreativitas + kerja keras + Kesabaran = Kesuksessan Berwirausaha. Setelah membaca artikel ini, siapkah Anda untuk memulai berwirausaha dan SUKSES para pembaca yang budiman?

Jika Anda menyukai artikel ini, tolong share ke teman-teman Anda melalui Facebook, twitter, dll. Terima kasih banyak atas bantuannya sobat. Salam Inspirasi

 Sumber foto: http://vig-fp.prenhall.com/bigcovers/0132223694.jpg


No comments:

Post a Comment